Keutamaan Sholawat Nariyah dilengkapi Arab, Latin, Terjemahnya

Shalawat nariyah merupakan shalawat yang cukup populer dan memiliki banyak sekali keutamaan. Selain itu, membaca shalawat nariyah adalah salah satu amalan yang disenangi orang umat muslim.

Tidak hanya shalawat nariyah, ada banyak sekali jenis shalawat seperti munjiyat, shalawat badar, dan lain sebagainya. Semua itu mendorong semangat keagamaan dan kecintaan kita kepada Rasulullah Saw dan juga beribadah kepada Allah SWT.

Sebagaimana rasulullah Saw bersabda yang artinya : “Siapa membaca shalawat untukku, Allah akan membalasnya 10 kebaikan, diampuni 10 dosanya, dan ditambah 10 derajat baginya.” MasyaAllah luar biasa sekali shalawat ini khasiatnya bagi kehidupan kita tak hanya di dunia tetapi juga di akhirat.

Sebagai wujud cinta yang begitu mendalam terhadap sosok seorang pemimpin umat seperti Baginda Rasululloh S.A.W adalah dengan selalu senantiasa membacakan sholawat kepadanya dan ke keluarga serta sahabatnya. Sebab makna yang tersirat dalam kandungan sholawat tersebut hakikatnya adalah rahmat yang senantiasa Alloh S.W.T berikan kepada hambanya ketiak hamba tersebut membacakan bacaan sholawat.

Yaqinilah apa yang dibuat oleh para Ulama sebagai pewaris tahta dari perjuangan Rasul itu adalah bagian terpenting dalam cara mendekatkan dan mengenal diri terhadap sang kholiq bagi semua ummat. Termasuk dari makna yang ada pada rangkaian sholawat nariyah tersebut yang jauh lebih mengutamakam sisi martabat kemulyaan seorang nabi sebagai perantara untuk meraih keistimewaan di hadapan Alloh S.W.T.

Dan perlu diketahui bahwa salah satu pengarang daripada sholawat nariyah ini adalah Ulama besar yang bernama Syaikh Ibrahim at-Taaziyy al-Maghribiy sebagaimana yang dikatakan oleh al-Habib Mundzir bin Fuad al-Musawa dalam penjelasannya. Adapun untuk teks bacaan sholawat nariyah sendiri sebagaimana diketahui bersama itu seperti apa yang tertulis dibawah ini.


اَللّٰهُمَّ صَلِّ صَلَاةً كَامِلَةً وَسَلِّمْ سَلَامًا تَآمًّا عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ الَّذِي تَنْحَلُّ بِهِ الْعُقَدُ وَتَنْفَرِجُ بِهِ الْكُرَبُ وَتُقْضٰى بِهِ الْحَوَآئِجُ وَتُنَالُ بِهِ الرَّغَآئِبُ وَحُسْنُ الْخَوَاتِمِ وَيُسْتَسْقَى الْغَمَامُ بِوَجْهِهِ الْكَرِيْمِ وَعَلٰى اٰلِهٖ وَصَحْبِهٖ فِيْ كُلِّ لَمْحَةٍ وَنَفَسٍ بِعَدَدِ كُلِّ مَعْلُوْمٍ لَّكَ


Shalawat Nariyah Indonesia
"Allaahumma sholli sholaatan kaamilatan wa sallim salaaman taamman ‘alaa sayyidina Muhammadinilladzii tanhallu bihil-‘uqadu wa tanfariju bihil-kurobu wa tuqdhoo bihil-hawaa’iju wa tunaalu bihir-raghooibu wa khusnul-khawaatimi wa yustasqal-gamaamu bi wajhihil-kariimi wa ‘alaa aalihii wa shohbihii fii kulli lamhatiw wa nafasim bi ‘adadi kulli ma’luumil lak".

Terjemah Shalawat Nariyah
Artinya : “Ya Allah, limpahkanlah shalawat yang sempurna dan curahkanlah salam kesejahteraan yang penuh kepada junjungan kami Nabi Muhammad, yang melaluinya semua kesulitan dapat terpecahkan, semua kesusahan dapat dilenyapkan, semua keperluan dapat terpenuhi, dan semua yang didambakan serta khusnul khatimah dapat diraih, dan berkat dirinya yang mulia awan menurunkan hujannya, dan semoga pula terlimpahkan kepada keluarganya serta para sahabatnya, di setiap detik dan hembusan nafas sebanyak bilangan semua yang diketahui oleh Engkau.”


Keutamaan Sholawat Nariyah
  1. Disebutkan oleh Al-Arif Muhammad Haqqi Afandi An-Nazili di dalam kitabnya yang berjudul Khaziinatul Asraar dan telah dinukil dari Imam Al-Qurthubi, bahwa barang siapa yang menetapi shalawat Nariyyah atau Tafrijiyyah sebagai wirid sebanyak 141 kali atau lebih, maka akan memperoleh keutamaan sebagai berikut:
  2. Allah SWT akan melenyapkan kesedihan dan kedukaan serta menghapus kesulitan dan bahaya yang menimpa.
  3. Allah akan memudahkan segala urusannya, memberikannya cahaya kepada hatinya sehingga hatinya menjadi terang dan meninggikan martabatnya.
  4. Allah akan membuat baik keadaanya, meluaskan rizkinya, dan membukakan semua pintu kebaikan serta kebajikan secara melimpah.
  5. Allah mengamankan dari bencana yang menimpa di masanya dan menyelamatkan dari malapetaka, kelaparan dan kemiskinan.
  6. Suaranya akan di dengar oleh para pemimpin atau penguasa.
  7. Allah menjadikan dirinya dicintai oleh semua orang.
  8. Dan tidak sekali-kali ia memohon sesuatu kepada Allah melainkan Allah akan memberinya.

Shalawat nariah juga banyak di amalkan sesuai kadar dan kapasitas pengampalnya sebagai saran saja jika sodara ingin mengamalkannya harus punya guru spiritual dan sesuai izin guru sodara dikarenakan sebuah amalan tanpa seorang guru itu kurang bagus.

0 Response to "Keutamaan Sholawat Nariyah dilengkapi Arab, Latin, Terjemahnya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel