Komunikasi Dalam Jaringan ( Daring Online ) Pelajaran Simulasi Digital

A. Pengertian Komunikasi 
Komunikasi adalah penyampaian informasi yang berupa pesan, ide ataupun gagasan dari satu pihak ke pihak yang lainnya, dimana kedua pihak itu saling mengerti dengan apa yang dibicarakan. Pada umumnya komunikasi dilakukan secara lisan atau verbal, tapi pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang komunikasi dalam jaringan.
Komunikasi Daring Online

B. Jenis – jenis komunikasi menurut para ahli 

Berikut ini adalah pengertian komunikasi menurut para ahli :
  • Bernard Berelson & Gary A. Steiner: Komunikasi adalah Transmisi informasi, gagasan, emosi, ketrampilan, dan sebagainya, dengan menggunakan simbol-simbol -kata-kata, gambar, figur, grafik dan sebagainya. Tindakan atau proses transmisi itulah yg disebut dengan komunikasi. 
  • John R. Wenburg dan William W Wilmot : Komunikasi adalah suatu usaha untuk memperoleh makna. 
  • Carl I.Hovland : Komunikasi adalah proses yg memungkinkan seseorang (komunikator) menyampaikan rangsangan untuk mengubah perilaku orang lain 
  • Harorl D. Lasswell : Komunikasi pada dasarnya merupakan suatu proses yg menjelaskan siapa, mengatakan apa, dengan saluran apa, kepada siapa? Dengan akibat apa atau hasil apa? (Who? Says what? In which channel? To whom? With what effect?) 
  • Judy C pearson & Paul E melson : Komunikasi adalah Proses memahami dan berbagi makna. 
  • Stewart L. Tubbs & Sylvia Moss : Komunikasi adalah proses makna diantara dua orang atau lebih. 
  • Aristoteles : komunikasi adalah alat dimana warga masyarakat dapatberpartisipasi dalam demokrasi 
  • Redi Panuju : Komunikasi adalah sistem aliran yg menghubungkan dan kinerja antar bagian dalam organisasi sehingga menghasilkan suatu sinergi. 
  • Hoben : Komunikasi adalah pertukaran pikiran atau gagasan secara verbal. 
  • Anderson : Komunikasi merupakan proses yg dinamis dan secara konstan berubah sesuai dengan situasi yg berlaku. 
  • Barnlund : Komunikasi timbul didorong oleh kebutuhan-kebutuhan untuk mengurangi rasa ketidakpastian, bertindak secara efektif, mempertahankan atau memperkuat ego. 
  • Lexicographer : Komunikasi adalah upaya yg bertujuan berbagi untuk mencapai kebersamaan. Jika dua orang berkomunikasi maka pemahaman yg sama terhadap pesan yg saling dipertukarkan adalah tujuan yg diinginkan oleh keduanya. 
  • William I. Gordon, [dedy Mulyana: Komunikasi secara ringkas dapat didefinisikan sebagai suatu transaksi dinamis yg melibatkan gagasan dan perasaan. 
  • M. Djenamar. SH: Komunikasi adalah seni untuk menyampaikan informasi, ide-ide, seseorang kepada orang lain. 
  • William Albig : komunikasi adalah proses pengoperan lambang yg berarti diantara individu-individu. 
  • Prof. Dr. Alo Liliweri: Komunikasi adalah pengalihan suatu pesan dari satu sumber kepada penerima agar dapat dipahami. 
  • Everett M. Rogers : Komunikasi adalah proses dimana suatu ide dialihkan dari sumber kepada suatu penerima atau lebih, dengan maksud untuk mengubah tingkah laku mereka. 
  • Rogers & D. Lawrence Kincaid : Komunikasi adalah suatu proses dimana dua orang atau lebih membentuk atau melakukan pertukaran informasi dengan satu sama lainnya, yg pada gilirannya akan tiba pada saling pengertian yg mendalam. 
  • Shannon & Weaver : Komunikasi adalah bentuk interaksi manusia yg saling pengaruh mempengaruhi satu sama lainnya, sengaja atau tidak sengaja. Tidak terbatas pada bentuk komunikasi menggunakan bahasa verbal, tetapi juga dalam hal ekspresi muka, lukisan, seni, dan teknologi. 
  • Harorl D. Lasswell: Komunikasi pada dasarnya merupakan suatu proses yg menjelaskan siapa, mengatakan apa, dengan saluran apa, kepada siapa? Dengan akibat apa atau hasil apa. 
  • Raymond S. Ross: Komunikasi adalah suatu proses menyortir, memilih dan mengirimkan simbol-simbol sedemikian rupa sehingga membantu pendengar membangkitkan makna atau respons dari pikirannya yg serupa dengan yg dimaksudkan komunikator. 
  • Prof. Dr. Alo Liliweri: Komunikasi adalah pengalihan suatu pesan dari satu sumber kepada penerima agar dapat dipahami. 
  • Anwar arifin: Komunikasi merupakan suatu konsep yg multi makna. Makna komunikasi dapat dibedakan berdasarkan Komunikasi sebagai proses sosial Komunikasi pada makna ini ada dalam konteks ilmu sosial. Dimana para ahli ilmu sosial melakukan penelitian dengan menggunakan pendekatan komunikasi yg secara umum menfokuskan pada kegiatan manusia dan kaitan pesan dengan perilaku. 
  • Murphy & Mendelson: Komunikasi merupakan suatu komunikaso untuk membangun & mempertahankan hubungan interpersonal.
Coba kita cermati pengertian-pengertian komunikasi menurut para ahli diatas, semua pengertian merujukan satu makna yaitu saling memberikan informasi antara sau pihak kepada pihak lain akan tetapi cara atau jalannya yang berbeda ada yang secara langsung dan tidak langsung. dalam pelajaran simulasi dan komunikasi digital ( SKD ) tidak jauh berbeda akan tetapi pada pelajaran tersebut menggunakan dan memanfaatkan media informasi berupa komputer dan handphone sebagai alat komunikasinya.


C. Jenis – Jenis Komunikasi
Ssetelah kita mengetahui definisi komunikasi secara menyeluruh dari para ahli komunikasi kini saatnya kita mengetahipula jenis-jenis komunikasi, diantaranya :


Komunikasi Lisan 

Komunikasi lisan adalah komunikasi yang dilakukan secara langsung dan tidak ada jarak dan peralatan yang membatasi. 


Komunikasi Tulisan 

Komunikasi tulisan adalah komunikasi yang dilakukan secara tidak langsung atau menggunakan media perantara. Komunikasi tulisan dapat berupa surat, SMS, e-mail dan lain sebagainya.

D. Pengertian Komunikasi Daring
Istilah komunikasi dalam jaringan mengacu pada membaca, menulis, dan berkomunikasi melalui atau menggunakan jaringan komputer. Komunikasi dalam jaringan adalah komunikasi yang cara penyampaian dan penerimaan pesan dilakukan dengan jaringan internet. 

Komunikasi dalam jaringan pertama dimulai pada tahun 1960, di sebuah universitas di Hawaii yang memiliki daerah yang luas dan berkeinginan untuk menghubungkan komputer - komputer yang tersebar di kampus tersebut. Kemudian Universitas of Hawaii mengembangkan teknologi Ethernet (perangkat komunikasi pada komputer) dengan nama “ALOHA”. Di dalam Ethernet tersebut ditanam sebuah software yang didalamnya terdapat sebuah protocol yang pada saat itu disebut dengan nama ARPANET, yang diluncurkan tahun 1969. ARPANET untuk saat ini sudah berkembang menjadi nama internet yang berasal dari interconnected network. Penggunaan komunikasi dalam jaringan dalam dunia pendidikan pertama kali tahun 1980-an ditandai dengan pengenalan komputer sebagai media pendidikan dan pertengahan tahun 1990 dengan munculnya word wide web atau yang sering kita jumpai dan selalu ingat dengan WWW.

E. Fungsi dan Jenis Komunikasi Daring.

Jenis – Jenis Daring           :
1.) Komunikasi dalam jaringan sinkron
Komunikasi dalam jaringan secara real time menggunakan komputer sebagai media, disebut dengan komunikasi dalam jaringan serempak/sinkron. Contoh komunikasi sinkron misalkan aplikasi chat (yahoo messenger, google talk, MIRc dll), video chat (skype, line, facetime, google+ hangout, dll).

2.) Komunikasi dalam jaringan asinkron
Komunikasi dalam jaringan secara tunda menggunakan komputer sebagai media, disebut dengan komunikasi dalam jaringan tak serempak/asinkron. Contoh komunikasi asinkron misalnya aplikasi e-mail, video streaming, dll).

F. Fungsi Komunikasi Daring
  • Memungkinkan pengiriman data dalam jumlah besar secara efisien, ekonomis dan tanpa kesalahan.
  • Memudahkan komunikasi jarak jauh tanpa perlu bertemu langsung.
  • Mempersingkat waktu dalam komunikasi
  • Mempermudah berkomunikasi dengan banyak orang.


G. Komponen – Komponen Pendukung Daring 

Terdapat beberapa komponen yang harus tersedia untuk melakukan komunikasi dalam jaringan. Komponen – komponen tersebut dikelompokkan menjadi 3 bagian sebagai berikut : 

a). Perangkat Keras (Hardware) 
Perangkat keras adalah perangkat yang bentuknya dapat dilihat dan dapat kita raba secara langsung. Contoh dari perangkat keras yang diperlukan untuk melaksanakan komunikasi dalam jaringan adalah : 
  • Komputer 
  • Headset 
  • Microphone 
  • Webcam
  • Speaker 
Perangkat pendukung koneksi internet, contoh : modem, wifi dan lain sebagainya 

b). Perangkat Lunak (Software) 
Software adalah perangkat perantara antara perangkat keras (Hardware) dengan perangkat pengguna (Brainware). Perangkat lunak yang biasa digunakan untuk daring antara lain 
  • Browser 
  • Skype 
  • Yahoo! Messenger
3. Perangkat Pengguna (Brainware) 
Brainware atau perangkat pengguna adalah orang yang mengoprasikan komputer itu sendiri sebagai orang yang akan berkomunikasi mengirim atau menerima pesan / informasi dari orang maupun komputerlain.

Nah dari semua keterangan diatas tentunya kita sudah mengetahui komunikasi melalui internet atau dunia maya, ini menjadikan bahan pembelajaran dan pengenalan sehingga siswa dan guru mengetahi jenis komunikasi apa yang digunakan dalam berkomunikasi memalui media maya. sinkron atau asinkronkah.

Mudah-Mudahan artikel ini bisa bermanfaat khusus untuk siswa dan guru yang mempelajari simulai dan komunikasi digital dan umumnya untuk semua kalangan baik mahasiswa maupun masyarakat, sebagai bahan referensi dasar ilmu media komunikasi dan komunikasi.

0 Response to "Komunikasi Dalam Jaringan ( Daring Online ) Pelajaran Simulasi Digital"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel